Kades Eko Hariadi: Menjaga Kearifan Lokal, Minggirsari Menuju Desa Wisata Andalan Kab. Blitar

Bisnis wisata memang tak ada matinya, dalam perkembangannya kecenderungan pasar pariwisata mengarah kepada wisata alam, karena di anggap lebih aman, sehat, dan berwawasan ligkungan.

FILESATU.CO.ID. BLITAR ­ – Bisnis wisata memang tak ada matinya, dalam perkembangannya kecenderungan pasar pariwisata mengarah kepada wisata alam, karena di anggap lebih aman, sehat, dan berwawasan ligkungan.

Bacaan Lainnya

Hal ini telah di tangkap oleh pemerintah desa Minggirsari kecamatan kanigoro kabupaten Blitar, untuk mengembangkan potensi sumber daya alam yang di miliki serta memanfa’atkan arus perekonomian baru akibat perpindahan ibu kota pemerintahan di Kanigoro.

Ditemui di rumahnya, Kepala Desa Minggirsari Eko Hariadi, mengatakan, dengan keinginan kuat dan perencanann yang baik maka apa yang kita harapkan akan terwujud.

“Sebagaimana pesan Bung Karno, jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu­membahu mewujudkan. Kita di anugrahi potensi alam berupa aliran sungai brantas, yang saat ini telah termanfa’atkan sebagai wisata rintisan ngeli ban, selanjutnya sudah kita rencanakan pengembangan warung mewah di dusun Satu dengan konsep kekinian, dan juga Home Stay sebagai usaha mewujudkan Minggirsari sebagai Desa Wisata,” ungkapnya.

Sebagai desa yang berbatasan langsung dengan kota, dan posisinya sebagai desa penyangga ibukota kabupaten Blitar, perkembanganya semakin pesat sehingga membutuhkan peningkatan kapasitas jalan dan penerangan jalan, terutama di tikungan depan kantor desa Minggirsari perlu adanya rekayasa lalu lintas, karena sering terjadi kecelakaan.

Di motori anak muda, di harapkan pengembangan Minggirsari sebagai Desa Wisata bisa mencerminkan wisata kekinian tanpa meninggalkan kearifan lokal.
Pada kesempatan yang sama, Eko Hariadi mengucapkan terima kasih terhadap perhatian pemerintah kabupaten dalam perkembangan desa Minggirsari selama ini.

“Alhamdulillah tanggapan dari Pemerintah Kbupaten sangat baik, awalnya dari Dinas Lingkungan Hidup yang datang, saat kami ada program kali bersih, kemudian Kepala Dinas Parbupora Pak Suhendro langsung ke papringan, itu mobil pertama kali yang datang sampai lokasi wisata, dan semalam pak Eko Kepala Dinas Kominfo juga datang ke desa kami, akan membantu membuatkan profil vidio,” imbuhnya.

Perkembangan desa Minggirsari juga di rasakan oleh salah stau warganya, Satoriawan saat reporter Filesatu.co.id berkunjung di rumahnya.

“Perkembangan desa bisa di lihat dari semakin mingkatnya arus lalu lintas, serta kunjungan wisatawan yang ingin menikmati wisata alam sungai Brantas yang terus meningkat terutama hari libur, tentu hal ini sangat baik karena berdampak kepada meningkatnya ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan,” pungkasnya.(Sams k.info)



Tinggalkan Balasan