Wagub Emil Buka RakerwiI IPHI Wilker 2 Jatim di Kabupaten Madiun

Filesatu.co.id, Madiun | Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Elistianto bersama Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto membuka rapat kerja wilayah IPHI Jawa Timur wilayah barat di Ruang Rapat Eka Kapti, Minggu (6/3/2022).

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menyampaikan lkatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) bukan hanya sekedar perkumpulan haji dan hajjah dalam menunaikan rukun Islam kelima, tapi juga menghimpun potensi yang dapat berkontribusi pada kemaslahatan umat, termasuk dalam memajukan perekonomian daerah.

Bacaan Lainnya

“Bagaimana IPHl juga bisa mendorong kemandirian umat dengan memajukan perekonomian daerah termasuk didalamnya terdapat para pengusaha,” jelas Emil.

Wagub Jatim Emil menyampaikan jika IPHI memang identik dengan kegiatan manasik. Namun, selain itu juga merupakan mitra bagi pemerintah melalui kementerian agama dalam mendukung program haji.

Selain itu, ada beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan IPHI dan dapat didiskusikan selama RakerwiL Yakni terkait Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah atau LAZIS IPHI, sinergitas dengan Badan Wakaf, ataupun sosialisasi terkait infaq serta shodaqoh. la berharap bahwa langkah-langkah dan rencana yang diwacanakan IPHI bisa menjadi investasi akhirat pengurus IPHI. Di mana, kemabruran bisa tetap terjaga meskipun telah lama selesai menunaikan haji.

Filesatu.xo.id, foto: Sambutan Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto dalam rakerwil IPHI Jatim.

Dalam kesempatan tersebut pula, Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun mengatakan jika komunikasi sesama anggota menjadi hal yang sangat krusial. Utamanya dalam mewujudkan ikhtiar baik bagi kepengurusan IPHI. Perbedaan yang selama ini ada terkait dengan rukun keislaman terkhusus haji mampu dijembatani oleh IPHI.

Sementara itu, Wakil Bupati Madiun sekaligus Ketua IPHI Kabupaten Madiun mengatakan jika IPHI sebagai wadah yang memiliki manfaat dan kontribusi positif dalam pembangunan pemerintah.

“IPHI mampu memberikan kontribusi positif dalam turut serta mendukung program pemerintah, khususnya dalam bidang pembangunan mental spiritual dan menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis di Pemerintah Kabupaten Madiun,” kata Wabup.

Rakerwil IPHI ini sendiri dihadiri oleh peserta yang berasal dari 12 Kabupaten Kota se wilayah kerja 2 IPHI Jawa Timur yakni Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Pacitan.



Tinggalkan Balasan