Vaksin AstraZeneca dapat Disuntikkan dan Aman, Kodam IX/Udayana Realisasikan Melalui Serbuan Vaksinasi

  • Whatsapp

FILESATU.CO.ID DENPASAR BALI – TNI mendukung penuh program pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 khususnya vaksinasi baik Vaksin Sinovac maupun Vaksin AstraZeneca.

Menindaklanjuti program vaksinasi yang sudah berjalan selama ini melalui Vaksin Sinovac dan pada hari ini Jumat (26/3/2021) jajaran TNI menggelar kegiatan vaksinasi perdana jenis Vaksin AstraZeneca yang bertajuk serbuan vaksinasi dalam rangka penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Untuk jajaran Kodam IX/Udayana dalam pelaksanaan vaksinasi berupa Vaksin AstraZeneca yang dilaksanakan di Kesdam IX/Udayana, Denpasar ditinjau langsung oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya didampingi Kapendam IX/Udayana dan Kakesdam IX/Udayana.

Menyangkut pelaksanaan penggunaan Vaksin AstraZeneca, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, SpPD., MARS., mengatakan bahwa mulai pada hari ini Jumat (26/3/2021) di jajaran TNI khususnya Kodam IX/Udayana dilaksanakan vaksinasi dengan Vaksin AstraZeneca. Dimana untuk Kodam IX/Udayana sendiri yaitu di Bali mendapatkan 800 vial, jadinya 8.000 dosis atau 8.000 sasaran dan di Kupang (NTT) juga 8.000 sasaran.

Untuk di Bali pada Jumat ini (26/3), TNI di vaksin sebanyak 800 orang yang di bagi untuk Denpasar di Rumkit Tk. II Udayana dan Tabanan bertempat di FKPT Rindam IX/Udayana, Kediri serta di Singaraja untuk TNI dan PNS tidak ada karena sudah divaksin semuanya.

Baca Lainnya :

Selanjutnya pada Sabtu (27/3/2021) besok, Vaksin AstraZeneca ini akan dipakai di Kupang dan Atambua serta vaksinnya sudah dikirim oleh Mabes TNI. Jadi Vaksin AstraZeneca ini adalah aman baik untuk Lansia, TNI maupun masyarakat umum.

Disampaikan juga bahwa sebelumnya Vaksin AstraZeneca sudah dipakai oleh Dinas Kesehatan, khususnya untuk daerah-daerah green zona diantaranya Daerah Ubud, Nusa Dua dan Sanur yaitu sebanyak 200 orang dan aman. Jadi Vaksin AstraZeneca dan Vaksin Sinovac adalah aman untuk dipakai dan semoga pandemi ini cepat selesai, harap Kakesdam.

Terkait tempat/fasilitas pelaksanaan vaksinasi, Kakesdam IX/Udayana menjelaskan bahwa untuk Kesdam IX/Udayana khususnya di Bali punya fasilitas yaitu Faskes-Faskes diantaranya di Rumkit Tk. II Udayana, FKTP Sudirman Denpasar, FKTP Praja Raksaka Kepaon, FKTP Rindam IX/Udayana Tabanan, RST Singaraja dan di FKTP Wira Satya Singaraja.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, kami tidak hanya melayani TNI dan PNS TNI-AD saja, tetapi juga melayani umum. Dimana untuk tahap sekarang sedang dilaksanakan untuk para Lansia, Purnawirawan, Warakawuri dan juga melayani vaksinasi umum seperti yang terlihat saat ini. Untuk kegiatan/pelaksanaannya dibagi secara bertahap sebagai upaya menghindari kerumunan dan untuk tetap terjaganya protokol kesehatan.

Terkait persyaratan untuk mendapatkan vaksinasi, disampaikan bahwa tidak ada persyaratan secara khusus namun peserta cukup dengan mendaftarkan diri dan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk dicatat NIK-nya agar diketahui secara nasional. “Sekali lagi disampaikan tidak ada persyaratan khusus dan tidak dibeda-bedakan”, tutup Kakesdam.

Laporan : Benthar



Tinggalkan Balasan