Kerja Sama Antara TNI AD Dengan US Army, Kasdam IX/Udayana Terima Delegasi Angkatan Darat Amerika

Filesatu.co.id,  Denpasar – Bali | Guna meningkatkan kerja sama dan silaturahmi antara TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana dengan Angkatan Darat Amerika, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han) mewakili Pangdam IX/Udayana menerima kunjungan Kehormatan Delegasi Angkatan Darat Amerika, Kamis (12/10/2023) di Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Kedatangan rombongan Delegasi Angkatan Darat Amerika dipimpin Deputy Comanding General I Corps, MG. Matthew Mcfarlane didampingi Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Dwi Darmadi, S.Sos., M.Ip., disambut oleh Kasdam IX/Udayana beserta Staf dengan diawali penerimaan Hormat Jajar dari Dinas Keamanan Makodam IX/Udayana.

Bacaan Lainnya

Kunjungan kehormatan yang dilaksanakan kali ini merupakan rangkaian kegiatan Army Staff Talk TA. 2023 antara TNI AD dengan America Army di Provinsi Bali belangsung di Ruang tamu Pangdam IX/Udayana. Pada kesempatan tersebut MG. Matthew Mcfarlane mengucapkan terimakasih kepada TNl Angkatan Darat khususnya Kodam lX/Udayana atas penyambutannya, selanjutnya memperkenalkan rombongan yang mendampingi diantaranya Lieutenant Colonel Brian N Vega, Athan Kedutaan Besar Amerika Serikan dan Sergeant First Class Winston Wiliams.

Selain bersilaturahmi, MG. Matthew Mcfarlane juga menyampaikan tujuan kedatangannya ke Makodam IX/Udayana dalam rangka melaksanakan kegiatan Army Staff Talk TA. 2023 di Bali. “Semoga melalui kegiatan latihan bersama antar Angkatan Darat kedua negara ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” harapnya.

Sementara itu Kasdam lX/Udayana mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Delegasi Angkatan Darat Amerika di Kodam IX/Udayana, serta memperkenalkan para Perwira Staf yang mendampinginya antara lain Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana dan para Asisten Kasdam lX/Udayana.

Dalam acara yang berlangsung dengan penuh keakraban tersebut, Kasdam menjelaskan secara singkat tentang kondisi global wilayah geografis Kodam lX/Udayana yang mencakup tiga provinsi yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Negara Timor Leste (RDTL).

“Ini menjadi salah satu tugas pokok Kodam lX/Udayana, yaitu melaksanakan pengamanan perbatasan antara lndonesia dan Timor Leste,” tambahnya.

Selain itu, Kasdam mengatakan bahwa I Gusti Ngurah Rai merupakan seorang tokoh militer Indonesia, yang berjasa dalam Perang Kemerdekaan. Ia merupakan pendiri dan Panglima pertama satuan angkatan bersenjata Republik Indonesia di Kepulauan Sunda Kecil, yang memimpin langsung perlawanan bersenjata anti-Belanda di Bali.

Lebih lanjut Kasdam menjelaskan tentang Udayana sebagai ikon Kodam IX/Udayana karena Kemashyuran Raja Udayana dalam pengembangan kebudayaan Bali dari aspek filsafat, agama, sosial budaya, hukum, gender, dan politik pemerintahannya yang sangat baik tersebut, juga tersiar pengaruhnya hingga ke wilayah Nusa Tenggara, sehingga dipilihlah nama Raja Udayana sebagai nama Komando Daerah Militer di Bali dan Nusa Tenggara, yang kini bernama Kodam IX/Udayana.

Disela-sela kegiatan Audiensi laksanakan pemuteran Video profil Kodam IX/Udayana, penyerahan dan penerimaan Cinderamata oleh masing-masing delegasi serta pengisian buku tamu oleh Delegasi US Army dan diakhiri dengan foto bersama.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan