Hitungan Hari, Garai Pelayanan Perizinan Perikanan Terpadu Nelayan Muncar Diresmikan

  • Whatsapp

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat sambutan di PPP Muncarr di acara peresmian GP3T

FILESATU.CO.ID (Banyuwangi) – Hanya dengan hitungan hari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi resmikan Gerai Pelayanan Perizinan Perikanan Terpadu( GP3) usaha bagi nelayan.

Bacaan Lainnya
Bupati Anas saat memotong pita tandai Gerai Pelayanan Terpadu resmi dibuka

Sebelumnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Dinas Perikanan Banyuwangi dan Dinas terkait juga para tokoh nelayan kecamatan Muncar adakan rapat di pendopo kabupaten Bupati Minggu lalu dan dari hasil rapat di ambil langkah bersama untuk mengadakan Gerai perizinan untuk nelayan Muncar, hari ini, Jumat (29/1/2021) Bupati Abdullah Azwar Anas meresmikan Gerai Pelayanan Perizinan Perikanan Terlpadu ( GP3T) khusus Nelayan di pelabuhan perikanan Pantai (PPP).

Keberadaan GP3T bagi nelayan bertujuan untuk memudahkan semua pengurusan dokumen para nelayan di satu tempat yang selama ini melibatkan Dinas Perikanan Banyuwangi , Dimas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur , Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas 3 dan Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Adapun Gerai Pelayanan Perizinan Perikanan Terpadu yang bisa diurus bagi para nelayan meliputi ,jasa pelabuhan, Surat Izin Usaha (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan ( SIPI), Surat Izin Kapal Pengangkatan Ikan ( SKIPI), Surat Hasil Tangkapan Ikan ( DHTI), Surat Laik Operasi ( SLO), Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Kemudian PAS Kapal ( kepemilikan Perahu), Tanda Daftar Kapal Perikanan ( TDKP) dan Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan ( Kusuka).

Dalam peresmian GP3T tersebut dihadiri , Pelaksana Kepala Kantor Cabang Dinas Kelautan dan perikanan Jatim Nur Setyorini, Kepala UPT pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncarr, Kepala Dinas Perizinan Juang Pribadi, Dinas Lingkungan Hidup Husnul Chotmah, Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) kelas 3 Tanjung Wangi Benyamin Ginting, Syahbandar Perikanan Muncar Fauzan dan para tokoh masyarakat nelayan Muncar H.Ridi, H. Wanda, H.Jakfar juga Wahyu Widodo ( Raja sengon) juga Forpimka Muncar.

H.Ridi, kepala KSOP Benyamin Ginting, Wahyu ( Raja sengon) serta perwakilan dari Lanal Banyuwangi

Bupati Abdullah Azwar Anas usai melakukan pemotongan pita menandai telah diresmikan Gerai Pelayanan Perizinan Perikanan Terpadu bagi nelayan menyampaikan bahwa adanya GP3T adalah langkah cepat untuk pelayanan berbagai Surat Izin bagi nelayan tentang kepemilikan Kapal.

” setelah kita ambil langkah bersama hari ini kita ambil langkah cepat dan hanya waktu satu minggu setelah kita rapat di Pemda, kita integritasikan bagaimana memudahkan pelayanan rakyat ini bisa cepat dan Allkhamdullah dalam waktu 3 hari ini kita sudah serahkan sekitar ada 133 PAS kapal kecil dan 1 PAS kapal besar yang terselesaikan dan 1 lagi belum selesai karena masih memerlukan NPWP untuk intergrasi nama di pusat.

“Model seperti ini yang diperlukan oleh rakyat kedepan sehingga jika ada kesulitan bisa selesaikan di tempat,” kata Anas.

Robi seorang nelayan menerima dokumen perizinan untuk kapal sudah selesai dalam hitungan jam

Robi salah satu nelayan mengaku sangat senang dengan adanya Gerai Perikanan Terpadu yang selama ini kesulitan untuk mengurus Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

” hanya sekitar 1 jam 30 menit saja saya mengurus Surat Persetujuan Berlayar sudah selesai ,” ucap Ropi dengan penuh gembira.

Muhammad Khotib selaku pengurus kapal PAL dengan adanya Gerai Perikanan Terpadu ini mengatakan” ini harapan kami dari dulu, karena menurut pemikiran kami bermasalah , ternyata sekarang dengan adanya GPT ini bisa terjawab semuanya dan mudah,” Sambungnya.

wartawan : En/Arm



Tinggalkan Balasan