Camat Purwasari Karawang : Dukung dan mendorong Berbagai Usaha UMKM Di Masyarakat

Filesatu.co.id-KARAWANG | MUSYAWARAH Pimpinan Kecamatan (Muspika) Purwasari meninjau lokasi peternakan domba milik Agus Raden yang berlokasi di Dusun Cengkong Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jum’at 05 Januari 2024.

Kedatangan ke peternakan domba milik Agus Raden dalam rangka melakukan studi tentang pengelolaan peternakan domba yang akan dijadikan percontohan sebagai salah satu program ketahanan pangan yang akan diterapkan di desa desa yang berada di wilayah Kecamatan Purwasari.

Bacaan Lainnya

Camat Purwasari, Muhana sangat mengapresiasi Agus Raden yang telah berhasil mengembangkan usaha  peternakan domba yang dapat dijadikan percontohan untuk program ketahanan pangan di wilayah Purwasari.

“Disini kami berbincang bincang dengan Agus Raden, bagaimana tata cara pengelolaan peternakan domba, mulai dari cara pengembangbiakan domba, cara mendapatkan pakan domba, tata letak kandangnya, penjualan domba hinggga rekrutmen tenaga kerjanya,”ucapnya.

Pemerintah Kecamatan Purwasari tambah Muhan, akan terus mendukung dan mendorong berbagai usaha UMKM di Masyarakat.

“Seperti usaha peternakan domba yang digeluti Agus Raden, selain dapat meraih penghasilan juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar terlebih untuk masyarakat yang sudah melewati usia produktif,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Purwasari, Iptu Nana Juhana menyampaikan, pihaknya sering terjun ke desa binaan untuk memantau perkembangan situasi serta kerawanan daerah yang mungkin terjadi. Selain itu silaturahmi pada warga, yang sangat kreatif dalam membudidayakan kambing sehat dan gemuk.

“Sambang kita lakukan untuk memantau perkembangan wilayah, selain itu kita juga membaur bersama warga untuk memberikan support dan dukungan jika warga mempunyai program ataupun terobosan yang bisa membawa manfaat bagi sesama,” katanya.

Kapolsek Purwasari menambahkan, peternakan domba milik Agus Raden sangat propekstif untuk menambah penghasilan warga. Selain perawatan mudah, pemasarannya juga tidak sulit.

“Untuk pakan kambing bisa di dapat dari alam berupa daun daunan, dan jika waktunya panen, penjualannyapun mudah, karena sudah ada pelanggan yang membeli,”tuturnya.

Dirinya, berharap dengan adanya usaha warga yang berternak kambing, dapat mendongrak usaha dengan berbagai cara seperti dengan bagi paro atau pun sistem yang saling menguntungkan dengan sehat.

“Hal ini dapat membantu perekonomian lingkungan terutama perekonomian keluarga yang kita harus perjuangkan, tentunya dengan penuh keseriusan di bidang usaha ternak kambing dan membudidanya kambing dari anakan hingga kambing siap jual dengan kualitas baik dan sehat,”tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan