Air Mati Total Warga Talang Jawa Geruduk Kantor PDAM

Tak kunjung ada air untuk keperluan sehari hari warga datangi kantor PDAM dengan membawa peralatan mandi.

Filesatu.co.id, Baturaja, OKU | Kesal lantaran air yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja OKU sudah lebih dari 2 minggu tidak mengalir di wilayah air gading dan seputaran Talang Bandung di 4 RT.

Warga ke 4 RT mulai RT 01/02/16/17  masuk RW 01 Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat Kab. OKU beramai ramai mendatangi Kantor PDAM Tirta Raja di Jalan Ir. Sutami Kel. Baturaja Lama. Rabu (23/08/2023).

Bacaan Lainnya

Kedatangan warga ini lantaran kekesalannya terhadap matinya air PDAM Tirta Raja OKU, juga mempertanyakan kinerja nya PDAM OKU dalam penanganan terhadap kerusakan travo IPA Tanjung Agung yang sudah lebih dari 2 minggu belum juga selesai di perbaiki, sehingga Warga tidak mendapatkan suplai air bersih untuk kebutuhan sehari hari.

Mulyadi Warga RT 17 Talang Bandung yang datang mengikuti aksi ke PDAM OKU terkait masalah air yang hampir 1 bulan ini tidak mengaliri ke rumah warga agar kiranya segera ada solusinya.

“Ya warga berharap permasalahan ini cepat teratasi oleh PDAM dan kami di berikan keringanan pembayaran bulan ini karna ini hampir satu bulan tak mengalir,”ujarnya.

Sementara itu Direktur PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU H Abi Kusno mengatakan bahwa Air tidak mengalir sejak tanggal 7 Agustus di wilayah Air Gading dan Talang Bandung, disebabkan dengan adanya Travo di IPA tanjung Agung mengalami kebakaran.

“Pada tanggal 7 Agustus 2023 travo di IPA Tanjung Agung terbakar, sejak itu kami langsung melakukan perbaikan dikarenakan travo yang terbakar belum datang dalam pemesanan sehingga terjadilah durasi yang cukup lama air tidak mengalir ke pelanggan, ” ujar Abi Kusno.

Lanjut Abi Kusno, selain travo di IPA Tanjung Agung yang terbakar, terdapat kendala lain yakni rusaknya sekring penyaringan sampah di IPA tanjung Agung serta rusaknya saluran air yang bocor di wilayah Talang Jawa, sehingga menjadi permasalahan penyaluran air ke pelanggan di wilayah itu terhenti.

“Kami mengakui kesalahan kami, dan kami meminta maaf ke seluruh Masyarakat pelanggan PDAM Tirta Raja, karna belum bisa memberikan pelayanan secara maksimal, dikarenakan kami hanya memiliki satu pompa air di wilayah itu,” ungkapnya.

Disinggung oleh satu warga yang mengikuti Aksi yang datang ke PDAM OKU, terkait masalah pengaliran air yang hampir 1bulan tidak mengalir ke rumah warga. Warga meminta keringan pada pihak PDAM untuk pembayaran pada bulan ini.

Dari usulan warga tersebut pihak PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU, akan memberikan keringan dengan cara pelanggan hanya membayar tagihan pada bulan Agustus ini maksimum senilai 78 ribu untuk seluruh pelanggan PDAM Tirta raja di 2 wilayah tersebut.

Selain itu pihak PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU, akan memberikan air secara gratis di tempat rumah ibadah yang tidak mendapatkan air dari PDAM OKU, di 2 wilayah tersebut dengan mengunakan tangki air.

Laporan:Anizar

Tinggalkan Balasan