Tradisi Nyekar Sebelum Ramadhan Tiba

  • Whatsapp

FILESATU.CO.ID, BANYUWANGI – Menjelang bulan suci Ramadhan yang jatuh pada hari Selasa, (13/04/2020). Warga muslim yang ada di Desa Jajag, Kecamatan Gambiran melaksanakan tradisi “Nyekar”.

Tradisi “Nyekar” tersebut memang setiap tahun dilaksanakan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. “Nyekar” sendiri mengandung makna ritual menabur bunga dan membacakan doa di makam keluarga ataupun sanak saudara yang telah meninggal dunia. Senin, (12/04/2020).

Bacaan Lainnya

Baca Lainnya :Pewarta Banyuwangi Gelar Diskusi Upgrading Jurnalistik ”Menjadi Jurnalis Peradaban Baru”

Seperti yang di sampaikan oleh Candra, salah satu warga yang sedang melaksanakan “Nyekar” di TPU Bonawi Desa Jajag mengatakan dirinya setiap tahun memang melaksanakan kegiatan ini sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Harapannya di bulan Ramadhan ini dirinya bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik hingga hari raya.

“Setiap tahun sebelum memasuki bulan Ramadhan saya dan keluarga selalu melaksanakan nyekar ini. Hal ini bertujuan untuk mendo’akan para arwah leluhur kami dan harapannya kami bisa melakukan ibadah puasa dengan baik sampai akhir,” jelasnya pada awak media Filesatu.co.id

Baca Lainnya : Pangdam IX/Udayana Pimpin Sertijab Kasdam, Irdam dan Danrem 161/WS

Selain itu, kedatangan bulan yang suci ini juga menjadikan berkah tersendiri bagi masyarakat disekitar area makam yang berprofesi sebagai penjual bunga.

Seperti yang dialami Suti, dirinya menjelaskan bahwa setiap tahunnya dirinya bisa menjual ratusan bungkus bunga sebelum memasuki bulan Ramadhan.

“Saya memang setiap tahun sebelum memasuki bulan Ramadhan selalu berjualan bunga, yang saya jual seharga dua ribu rupiah, Alkhamdulillah berkah Ramadhan dapat rezqi menjual bunga bisa ratusan bungkus,” tuturnya.

Pewarta : Pungki



Tinggalkan Balasan