Public Speaking, Tingkatkan Kemampuan Komunikasi DWP Pengayom Kanwil Kemenkumham Bali

Filesatu.co.id,  Denpasar- Bali |  Keterampilan berkomunikasi di depan umum secara baik dan lancar menjadi salah satu hal yang didambakan banyak orang. Tidak hanya dikalangan tertentu saja keterampilan ini harus dikuasai. Berbagai kalangan merasa bahwa penguasaan terhadap keterampilan berbicara di depan umum sangat penting. Mengingat pentingnya penguasaan keterampilan ini bagi siapapun yang mau belajar, maka perlu berlatih terus menerus secara berkelanjutan.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi di kalangan pengurus dan anggota Dharma Wanita, Keluarga Besar Pengayoman Kantor Wilayah Kemenkumham Bali menyelenggarakan kegiatan Public Speaking dengan tema “Tampil Percaya Diri di Depan Umum” sekaligus dirangkaikan dengan pertemuan rutin.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diikuti oleh puluhan anggota Dharma Wanita Pengayoman Kanwil Kemenkumham Bali bertempat di ruang Dharmawangsa, Jumat (15/09). Bertindak sebagai tuan rumah yaitu Kanwil Kemenkumham Bali, Kanimsus Ngurah Rai dan Rudenim Denpasar. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Mars Dharma Wanita Persatuan dan tari pembuka yang ditampilkan oleh ibu-ibu DWP Rudenim Denpasar.

“Tujuan kami mengadakan kegiatan ini, selain untuk menjalin tali silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan serta ilmu tentang Public Speaking bagi kita semua agar kita dapat tampil di depan public dengan penuh rasa pecaya diri, ungkap Ny. Titi Mamur dalam sambutannya selaku perwakilan tuan rumah.

Penasihat Dharma Wanita Pengayoman Kanwil Kemenkumham Bali, Ny. Lidia Anggiat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya kemampuan public speaking yang memadai salah satunya agar dapat tampil percaya diri di depan umum. Maka dari itu, kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan ibu-ibu anggota DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Bali dalam berbicara di depan publik.

“Kami berharap seluruh ibu-ibu anggota yang hadir hari ini dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti materi, agar nantinya ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dapat diteruskan kepada seluruh anggota di Unit Pelaksana Teknis masing-masing”, pungkasnya .

Sementara itu, narasumber yang merupakan Profesional Bidang Public Speaking, Kadek Dewi Indah Sri Laksemini mengatakan rasa percaya diri akan meningkat seandainya kita bisa menguasai diri sendiri, audiens, dan menguasai materi yang kita bawakan. Tidak hanya itu saja, butuh persiapan dan latihan agar pada saat kita berdiri di depan umum bisa maksimal. Ada banyak cara bagaimana agar kita bisa menguasai diri kita sendiri dan itu memerlukan latihan yang terus menerus dan berkelanjutan.

Selain menyampaikan materi secara teoritis, narasumber mengajak ibu-ibu angggota Keluarga Besar Pengayoman untuk mempraktekkan bagaimana berbicara di depan ibu-ibu yang lain. Alhasil antusias dan semangat yang luar biasa terlihat sangat jelas pada saat pelatihan berlangsung. Kegiatan praktek berbicara di depan umum berlangsung sangat menarik, terlihat dari diskusi yang cukup interaktif antara narasumber dan ibu-ibu anggota.

Pada saat yg bersamaan digelar juga kegiatan bazzar produk-produk oleh anggota DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Bali masing-masing UPT, pengundian arisan dan doorprize, serta hiburan.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan