Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Tanamkan Kecintaan Literasi Lewat Dongeng

Filesatu.co.id, SIDOARJO | Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Sidoarjo, di bawah kepemimpinan dr. Sriatun Subandi, gencar mengkampanyekan Gerakan Membaca Ibu dan Anak melalui versi dongeng. Salah satu upayanya adalah dengan menggelar Lomba Mendongeng yang diadakan di Pendopo Delta Wibawa. Kamis (27/6/2024).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diikuti oleh para kader PKK dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Masing-masing kecamatan mengirimkan dua perwakilan terbaiknya untuk berkompetisi dalam mendongeng dengan tema yang mendidik dan menarik bagi anak-anak.

Menurut dr. Sriatun, mendongeng merupakan salah satu kegiatan edukatif yang bermanfaat bagi anak usia dini.

“Dongeng dapat menjadi media komunikasi langsung kepada anak di mana mereka dapat belajar berbagai macam nilai moral seperti kejujuran, kebaikan, dan keberanian,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa dongeng juga dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.

“Melalui dongeng, pesan moral dapat disampaikan dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga anak-anak lebih mudah untuk memahami dan mengingatnya,”katanya.

Tujuan utama dari Lomba Mendongeng ini untuk meningkatkan kemampuan, memotivasi membimbing dan mengembangkan Pendidikan anak usia dini para kader PKK guna membangun karakter generasi penerus bangsa.

Untuk diketahui lomba mendongeng ini sebagai juara 1:Triwidiastuty dari Desa Sidodadi, juara 2: Nurul Fatimah dari Desa Sualuh, juara 3: Siti Nursiah dari Desa Kebonsari, dan juara 4: Siti Khotijah dari Desa Tanggul.

Selain Lomba Mendongeng, TP. PKK Sidoarjo juga menghadirkan Sasha Rakhi, Duta Literasi dari Surabaya, untuk memberikan edukasi kepada para undangan dan peserta tentang bagaimana mengajarkan anak membaca dan mencintai literasi.

TP. PKK Kabupaten Sidoarjo berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatannya. (Didik/kominfo)

Tinggalkan Balasan