Kemenkumham Babel Sosialisasikan Program Imigrasi Corner di Bangka Selatan

Filesatu.co.id,  Bangka Selatan | Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Doni Alfisyahrin, Senin (15/1/2024) mengatakan bahwa pihaknya telah men-sosialisasikan inovasi Imigrasi Corner kepada jajaran Kecamatan dan Desa di wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Jumat lalu.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Ruang Rapat Bappelitbangda Kabupaten Bangka Selatan.

Bacaan Lainnya

Rencana dibentuknya Imigrasi Corner disingkat I-Cone Desa di Kecamatan dan Desa merupakan bentuk kolaborasi aktif antara Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dengan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang keimigrasian.

Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin dan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Darori ketika jadi narasumber menyampaikan tentang Imigrasi Corner di Kecamatan/ Desa bertujuan untuk mengoptimalkan komunikasi dan informasi terkait layanan keimigrasian.

Doni menuturkan I-Con Desa di Kecamatan/Desa akan melibatkan aparat setempat sebagai agen literasi keimigrasian, sehingga dapat mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat serta menjadikan masyarakat ikut berperan aktif sebagai salah satu mitra penting keimigrasian.

Dengan adanya Imigrasi Corner, diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui informasi dan produk keimigrasian, sehingga dapat memudahkan dalam mengurus permohonan di Kantor-kantor Imigrasi.
Peran Aktif masyarakat dalam memberikan Informasi dapat juga membantu petugas imigrasi mendata Warga Negara Asing (WNA) yang berada dan berkegiatan di wilayahnya.

“Serta berdampak pencegahan dini apabila terdapat Indikasi pelanggaran keimigrasian, Tenaga Kerja Non Prosedural (PMI-NP) maupun Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” harap Doni.

Respon positif dari pimpinan Kabupaten Bangka Selatan disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto yang mendorong agar pembentukan Imigrasi Corner di Kabupaten Bangka Selatan segera terlaksana.

Peserta sosialisasi yang terdiri dari perangkat Kecamatan dan Desa antusias menanggapi rencana pembentukan Imigrasi Corner. Hal tersebut terbukti dengan pernyataan kesiapan mereka menjadi Agen Literasi Imigrasi Corner.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kecamatan Toboali dan Desa Air Bara yang ditunjuk sebagai pilot project pembentukan Imigrasi Corner di wilayah Bangka Selatan. Kakanwil kemenkumham Babel Harun Sulianto mengatakan pihaknya akan berusaha mendekatkan layanan kemenkumham kepada masyarakat.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan