Kanwil Bali Laksanakan Pendampingan Evaluasi Wawancara Secara On Desk dan Observasi/Verifikasi Lapangan

Filesatu.co.id, Bangli – Bali | Kanwil Kemenkumham Bali melalui Kepala Divisi Administrasi, Mamur Saputra, Kepala Program dan Humas, I Wayan Muliarta, Rabu, 30/8/2023, melaksanakan pendampingan Evaluasi Wawancara secara On Desk dan Observasi/ Verifikasi Lapangan terhadap Satker Usulan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Mandiri di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023 oleh Inspektur Wilayah III dan Tim Penilai Mandiri (TPM) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, yang kali ini dilaksanakan di Lapastik Kelas IIA Bangli.

TPM Inspektorat Jenderal Kemenkumham dipimpin langsung oleh Inspektur Wilayah III, Iwan Santoso serta beberapa tim gabungan dari perwakilan Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Badan Strategi Kebijakan.

Bacaan Lainnya

Kedatangan TPM disambut oleh Kepala Lapas Narkotika Bangli, Agus Pritiatno beserta jajaran dengan penampilan yel-yel WBK Lapas Narkotika Bangli. Tim TPM awali Evaluasi On Desk dengan meninjau Kunjungan Penitipan Drive Tru, dimana Tim TPM sempat melaksanakan wawancara langsung dengan beberapa keluarga yang sedang melakukan kunjungan terkait dengan pelayanannya, dilanjutkan dengan kunjungan Layanan Terpadu satu Pintu, Tim TPM juga menyampaikan beberapa pertanyaan dengan petugas piket, lanjut menuju porter/pengamanan pintu utama P2U, toilet, bimker, bermain anak, pusat layanan rehabilitasi pemasyarakatan, ruang belajar, poli klinik, ruang kegiatan kerja dan dapur.

Tim TPI juga melakukan wawancara langsung kepada Kepala Lapastik Bangli terkait dengan Pelayanan serta Keamanan dan Ketertiban Lapastik Bangli. “Suatu kebanggaan dan tanggung jawab besar untuk Lapas Narkotika Bangli karena sudah masuk sebagai sampling dalam verifikasi lapangan TPM dalam pembangunan ZI menuju WBK tahun ini, kita harus berikan hasil yang maksimal,” tegas Kalapas.

Kalapas juga menyampaikan bahwa dengan adanya kunjungan TPM ini besar harapan dan optimis Lapas Narkotika Bangli untuk meraih predikat WBK. “terimakasih atas kedatangan Tim Penilai Mandiri (TPM) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, semoga dengan hasil penilaian verifikasi lapangan kali ini dapat menjadikan masukan bagi kami serta dapat membawa kami meraih WBK tahun ini,” ucap Kalapas.

Tim melakukan peninjauan secara menyeluruh terkait sarana dan prasarana, pelayanan publik dan inovasi yang dimiliki oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli. Selain itu, Tim juga melakukan wawancara kepada petugas dan penerima layanan terkait pelayanan publik di Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu menyampaikan bahwa WBK dan WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja di lingkungan instansi pemerintah yang telah membangun zona integritas (ZI) sebagai bagian dari reformasi birokrasi. ZI sendiri merupakan komitmen pimpinan dan jajaran untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“WBK/WBBM bukanlah sebuah prestasi, namun kita sebagai Aparatur Sipil Negara sudah seharusnya menciptakan birokrasi yang bersih dari korupsi dan selalu melayani masyarakat. Karena pada dasarnya ASN adalah pelayan masyarakat.” ucap Anggiat.

Laporan : Benthar



Tinggalkan Balasan