Hadiri FGD, Kapolda Bali Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu di Kabupaten Klungkung

Filesatu.co.id,  Klungkung – Bali |  Bertempat di Aula Jalaga Dharma Pandapa Polres Klungkung telah berlangsung kegiatan FGD (Focus Group Disscussion) Kapolda Bali dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2023-2024, Jumat tanggal 17/11/2023 pukul 09.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra, S.I.K., M.Si., PLT Bupati Klungkung, Pejabat Utama Polda Bali, Kapolres Klungkung, Dandim 1610/Klungkung, Kejari Klungkung diwakilkan Pasi Intel, Raja Klungkung, Ketua KPU Kabupaten Klungkung dan Ketua Bawaslu Kabupaten Klungkung

Bacaan Lainnya

Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra, S.I.K., M.Si. mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Klungkung dan anggota atas dedikasi dan loyalitas selama ini dalam melakukan tugas selama ini.

Selain itu Kapolda juga mengucapkan terimakasih kepada Forkompinda Kabupaten Klungkung yang sudah ikut serta dalam menjaga keamanan Kamtibmas di wilayah kabupaten Klungkung.

“Kita ketahui bersama situasi Kamtibmas merupakan salah satu kunci dalam kesuksesan pemilu 2024 ini, dalam mewujudkan hal tersebut Polri tentunya perlu dukungan dari stakeholder terkait dalam menjaga situasi Kamtibmas Kabupaten Klungkung,” kata Kapolda.

Kapolda menjelaskan, Polri sebelum pelaksanaan operasi sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk cooling system dan analisis kerawanan yang mungkin terjadi dalam Pemilu 2024.

Berdasarkan indeks potensi kerawanan pemilu provensi Bali termasuk kedalam wilayah rawan sedang. Walaupun Kabupaten Klungkung masuk ke dalam wilayah yang aman jadi tidak boleh terlena akan situasi tersebut.

Tetap upayakan kegiatan preemtif dan preventif agar situasi Kamtibmas tetap terjaga di wilayah Kabupaten Klungkung.

“Saya harapkan Kapolres Klungkung selalu lakukan langkah-langkah antisipasi terhadap kerawanan pada rangkaian Pemilu dan selalu jalin kerjasama dengan stakeholder terkait untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Kapolda mengungkapkan bahwa tahap kampanye akan berlangsung selama 75 hari, pada tahap ini para kontestan pemilu mulai memperkenalkan diri dan mencari suara. Oleh karena itu kita harus atensi kegiatan tersebut dan dapat mencegah setiap potensi kerawanan agar eskalasi situasi Kamtibmas tetap kondusif.

Pada rangkaian Pemilu 2024 ini sesuai arahan dari Bapak Kapolri tetap jaga netralitas Polri dan tidak ikut dalam politik praktis dalam kegiatan Pemilu.

“Untuk Kapolres dan Kasat samapta agar tetap jaga gudang logistik jangan terlena dan tetap mengantisipasi setiap hal yang terjadi,” tegasnya.

Pada kegaitan FGD kali ini, Ketua KPU Kabupaten Klungkung menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada personel Polri Klungkung atas bantuan keamanan yang diberikan.

“Dapat kami sampaikan untuk logistik yang sudah kami terima yaitu berupa bilik suara, tinta Pemilu dan segel plastik,” kata Ketua KPU.

“Kami mohon juga dalam pencetakan surat suara kami juga mengajak untuk ikut mengawasi pada percetakan surat suara. Terkait dengan loading logistik pemilu akan dilaksanakan di GOR Swecapura dan untuk pendistribusian akan dilapisi Plastik untuk mengantisipasi hujan,” sambungnya.

Untuk pendistribusian ke wilayah Nusa Penida Kami akan melaksanakan pendistribusian H-2 akan didistribusikan seluruh Logistik Pemilu ke wilayah Nusa Penida.

Kegiatan tahap kampanye terkait Baliho Calon Presiden dan Wakil Presiden akan dipasang hanya di Wilayah Kota Klungkung. Untuk kampanye di sekolah dan tempat ibadah sesuai dengan aturan yang sudah ada untuk kampanye di daerah tersebut tidak diperbolehkan untuk membawa atribut partai.

Kemudian Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa Bawaslu telah melakukan beberapa pencegahan dengan melakukan kegiatan rapat koordinasi baik dengan stakeholder dan parpol peserta Pemilu di Kabupaten Klungkung.

Bawaslu juga sudah melaksanakan himbauan kepada parpol peserta Pemilu untuk mengikuti setiap aturan yang sudah ada untuk menghindari pelanggaran terhadap rangkaian Pemilu 2024.

Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjadi pengawas dalam setiap rangkaian Pemilu 2024, serta untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas.

“Terkait dengan berita hoax di media sosial kami harapkan bantuan dari tim cyber polres Klungkung untuk dapat membantu kami dalam menindak berita hoax yang bertebaran di media sosial,” ucap Ketua Bawaslu.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan