Bersama Majukan Indonesia, Kodam IX/Udayana Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Filesatu.co.id,  Denpasar – Bali |  Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irdam IX/Udayana Brigjen TNl Tatan Ardianto, S.I.P., saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang digelar di Lapangan I Gusti Ngurah Rai, Asrama Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, pada Sabtu 28/10/2023.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut disampaikan Menpora, bahwa Momentum Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menpora menekankan bahwa agar setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Saudara-saudara sekalian, terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” tutupnya.

Hadir dalam Upacara tersebut diantaranya Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO TNI AU, LO TNI AL, serta para Dan/Kabalakdam IX/Udayana dan Kasrem 163/Wira Satya.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan