Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM Bersama Dispertakin Sosialisasi Bantuan Kambing

Ket Foto: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM Dan Dinas Berfoto Bersama Kelompok Peternak Penerima Manfaat Kambing

Filesatu .co.id, Blitar | Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib SM, bersama Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispertakin) mensosialisasikan program bantuan berupa kambing kepada kelompok peternak.

Mujib menyampaikan bahwa, sosialisasi kepada kelompok-kelompok peternak yang akan mendapat bantuan hibah kambing ini dari jalur aspirasi dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). Bantuan ini akan dilaksanankan dan didampingi oleh dinas peternakan dan perikanan kabupaten Blitar, selanjutnya dinas akan memberikan fisiknya kepada kelompok tani yang dimaksud.

Bacaan Lainnya

“Kepada penerima bantuan untuk mengelola dan memelihara kambingnya dengan baik. Serta berharap bisa beranak pinak, sehingga dapat menjadi tambahan penghasilan anggota keluarga kelompok tani itu sendiri,” ungkap Mujib di Aula Dispertakin Jalan Kabupaten Blitar. Jl. Cokroaminoto No. 22, Kota Blitar, Kamis (04/07/2024).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM juga berharap bahwa, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk menambah kesejahteraan keluarga masing-masing, dan dari satu menjadi dua, dari dua menjadi tiga dan seterusnya. Kelak kemudian hari jangan sampai program ini malah justru menjadi sebuah masalah karena alasan kebutuhan, kambing yang diberikan dijual.

“Sosialisasi ini juga dalam rangka pembinaan kelompok. Karena usulannya secara kelompok, dan pemeliharaannya juga secara koloni. Namun jika tidak, harus ada surat keterangan dari kelompok. Sedangkan anggaran untuk program ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Blitar tahun 2024, meskipun pengajuannya telah dilakukan pada tahun 2023,” tandas Mujib.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Eko Susanto menyampaikan bahwa, akan terus memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kelompok penerima manfaat. Pendampingan ini mencakup aspek teknis pemeliharaan ternak, manajemen pakan, serta pengendalian penyakit.

“Kami akan memastikan bahwa para penerima bantuan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengelola ternak mereka secara efektif,” ungkap Kepala Dinas Pertengahan dan Perikanan Kabupaten Blitar,” ujar Eko Susanto.

Salah satu penerima manfaat, Budiono, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan, program bantuan kambing ini mendapat sambutan positif pihaknya berterima kasih atas bantuan ini.

“Semoga dengan adanya kambing ini, kami bisa meningkatkan penghasilan keluarga dan hidup lebih sejahtera,” ungkap Budiono.

Program bantuan kambing ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor peternakan. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan kelompok penerima dapat meningkatkan produksi ternak dan pendapatan keluarga. (Pram/Adv).

Tinggalkan Balasan