Wakapolres Jembrana Memperingati HUT RI ke 78 Lomba Burung Merpati Bupati Cup 2023

Filesatu.co.id,  Jembrana – Bali |  Bertempat di Lapangan Dauhwaru di Jln. Ngurah Rai, Kec./Kab. Jembrana, Sabtu (26/8/2023) menjadi saksi pelaksanaan Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup Tahun 2023. Acara tersebut turut memeriahkan perayaan HUT Kota Negara yang ke-128 dan HUT RI yang ke-78.

Kegiatan ini diselenggarakan dari pukul 09.00 hingga 13.00 Wita dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, S.T., M.T., Dandim 1617/Jembrana yang diwakili oleh Kasdim 1617/Jembrana Mayor Inf. I Gede Putu Wira Mahardika, Kapolres Jembrana yang diwakili oleh Wakapolres Jembrana Kompol Fudin Ismail, S.E., S.I.K., M.A.P., Kadis Pariwisata Dan Kebudayaan Anak Agung Komang Sapta Negara, S.E, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Ketua Komunitas Burung Merpati Terbang Tinggi dan Ketua Panitia Ketut Wiarta, dipaparkan bahwa Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi adalah bagian dari Festival Burung Merpati yang dilaksanakan setiap Agustus. Festival ini bukan hanya ajang kompetisi, namun juga merupakan upaya pelestarian budaya warisan leluhur yang sangat berarti.

Sambutan Bupati Jembrana, yang dibacakan oleh Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna, S.T., M.T., menegaskan pentingnya Lomba Burung Merpati dalam mendukung konsep ekowisata dan pelestarian alam. Acara ini diharapkan mampu menarik minat wisatawan dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dan budaya daerah.

Acara diawali dengan pelepasan 200 pasang burung merpati yang telah dipilih secara selektif. Perlombaan dibagi menjadi dua kriteria, yaitu bulu polos dan bulu mores, dengan juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing kategori.

Puncak acara terjadi dengan pembukaan lomba dan pelepasan burung merpati oleh Wakil Bupati Jembrana dan para tamu undangan. Acara ini menjadi simbol kerja keras dalam melestarikan budaya lokal sambil tetap memperhatikan pelestarian alam.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan