Vaksinasi, PMI Blusukan Sasar Daerah Pinggiran Masyarakat Antusias, Tim Vaksinator Bersemangat

  • Whatsapp

Filesatu.co.id. Jember | Tim Vaksinator PMI menyasar daerah pinggiran dalam menjalankan program sentra vaksinasi PMI  pada Kamis (8/10/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Antusiasme warga daerah pinggiran Desa Pondokdalem Kecamatan Semboro, Desa Rowoasri Kecamatan Sumberjambe dan Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari, untuk vaksinasi ternyata cukup tinggi. Kegiatan Vaksinasi yang dilakukan PMI kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember.

Penanggungjawab tim vaksinator Sentra vaksinasi PMI Kabupaten Jember, Drg Ayu Dwi Anggraeni mengatakan, vaksinasi  sasaran 1.400 orang di pinggiran dengan menggunakan vaksin sinovac untuk dosis pertama dan dosis kedua.

“Alhamdulillah, vaksinasi yang dilaksanakan PMI di tiga lokasi berjalan lancar dan masyarakat dipinggiran ternyata antusias untuk vaksin,’ katanya.

Dikatakan Dokter Ayu, perempuan cantik asal Desa Seruni Kecamatan Jenggawah tersebut bahwa kesadaran masyarakat untuk vaksinasi meningkat sehingga  mempercepat herd immunity COVID-19. “Kesadaran masyarakat untuk vaksin yang besar seperti ini akan mempercepat herd immunity COVID-19,” ungkap.

Penanggungjawab tim vaksinator
Sentra vaksinasi PMI Kabupaten Jember,Drg Ayu Dwi Anggraeni

Dia menjelaskan di tiga lokasi vaksinasi, PMI Kabupaten Jember mengerahkan 13 tim vaksinator yang dibantu tenaga kesehatan dari Dinkes yang bertugas di Puskesmas setempat. “Ini program sentra vaksinasi PMI yang kerja sama dengan dinas kesehatan,” imbuhnya.

Melihat antusiasme warga untuk vaksinasi, tim vaksinator PMI juga makin tambah semangat. Sebab, prosentase warga Jember yang sudah vaksin masih rendah. “Informasi yag kami terima masih 26 persen, harapannya segera sampai 50 persen agar statusnya yang kini level 3 turun menjadi level 1,” sambung Dwi.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH pada beberapa media menjelaskan bahwa program Sentra Vaksinasi PMI merupakan program PMI pusat. “Ada sejumlah PMI yang diberi kepercayaan oleh PMI Pusat untuk menjalankan program sentra vaksinasi PMI, salah satunya PMI Kabupaten Jember,” terangnya.

Dia menjelaskan, bahwa PMI Kabupaten Jember sejak muncul pandemic COVID-19 sangat proaktif dalam upaya penanganan COVID-19. ”Sejak awal PMI Jember proaktif dalam upaya pencegahan sampai penengan COVID-19, termasuk pegantaran jenazah sampai memporoduksi plasma konvalesen, kini ganti menyelenggarakan vaksinasi sendiri,” terangnya.

Sebelumnya, PMI hanya mensuport kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan lembaga lain.kini PMI menyelanggaran vaksinasi sendiri. “Kami harap masyarakat berbondong-bondong ke sentra vaksinasi agar pandemi COVID-19 segera berakhir dan kehidupan kembali normal lagi,”pungkasnya. (Tog/F1)



Tinggalkan Balasan