Tradisi Tepung Tawar Sambut Kehadiran Pangdam IX/Udayana.

Filesatu.co.id,  Badung – Bali | Resmi menjabat Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Harfendi, S.IP., M.Sc., didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tika Herfendi setibanya di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali langsung disambut dengan prosesi tradisi tepung tawar, Selasa (22/8/2023).

Acara tradisi yang dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han)., dihadiri Wakapolda Bali, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, para Danrem Jajaran Kodam IX/Udayana, Kabinda Bali, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Danlanal Denpasar dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana (masing-masing beserta istri) serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Acara penyambutan tradisi tepung tawar tersebut, mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana, serta mensucikan secara lahir batin. Dengan harapan, sebagai pejabat baru dalam mengemban tugas di Kodam IX/Udayana terhindar dari segala rintangan, gangguan, mara bahaya dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam pelaksanaannya, prosesi tepung tawar diawali dengan Pangdam IX/Udayana didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana mengambil tempat diantara Payung Agung, disambut dengan tarian penyambutan selamat datang dengan keindahan gerak para penari menggambarkan kegembiraan dan rasa bangga menyambut Pimpinan Kodam IX/Udayana dan para tamu yang hadir.

Selanjutnya, Kasdam IX/Udayana memasangkan Ikat Kepala khas Bali (Udeng) dan mengalungkan bunga kepada Pangdam IX/Udayana. Udeng atau destar dinilai sebagai simbol dari ngiket manah atau pemusatan pikiran.

Sedangkan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tika Harfendi menerima pemasangan selendang khas Bali dan Hand Bouquet oleh Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Lusi Sachono.

Usai acara di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Pangdam bersama rombongan menuju Rumah Dinas Jabatan Pangdam IX/Udayana untuk selanjutnya pada Rabu (23/8/2023) besok akan dilanjutkan melaksanakan serangkaian kegiatan di Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1, Denpasar.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan