Pertemuan Bali Consular Corps, Kakanwil Kemenkumham Bali Sampaikan Peran dan Fungsi Keimigrasian

Filesatu.co.id,  Badung -Bali | Asosiasi konsul dari berbagai negara yang memiliki kantor konsuler di Bali mengadakan Pertemuan Bulanan Bali Consular Corps dirangkaikan dengan Makan Siang Bersama bertempat di Das Bistro by Mama’s, Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, pada Rabu (30//8/2023).

Bali Consular Corps bertujuan untuk meningkatkan persahabatan, kerjasama dan saling pengertian antara konsul dan pihak berwenang dan masyarakat setempat. Bali Consular Corps secara rutin mengadakan pertemuan bulanan dan acara sosial untuk anggota dan tamunya.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan kali ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu diundang sebagai narasumber, dimana topik yang dibahas pada pertemuan ini yaitu menyangkut Informasi Terkini yang Penting bagi para Konsul dan Perwakilan Negara Sahabat di Bali terkait Kebijakan di Bidang Hukum dan HAM.

Anggiat Napitupulu dalam paparan materinya menyampaikan fungsi keimigrasian dalam menjaga kedaulatan negara serta peran keimigrasian pada Era Global yang semakin dinamis. Dimana peran keimigrasian pada era global yang semakin dinamis sangatlah penting dan strategis. Keimigrasian memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi pelayanan masyarakat, fungsi penegakan hukum, dan fungsi keamanan.

“Keimigrasian menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha, baik lokal maupun asing, yang ingin menjalankan aktivitas bisnis di Indonesia. Keimigrasian merupakan bagian dari urusan pemerintahan negara yang bertugas memberikan pelayanan, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.” ucap Anggiat.

Pertemuan Bali Consular Corps ini diselenggarakan oleh Konsulat Kehormatan Malaysia dan Konsulat Kehormatan Ukraina. Kegiatan ini dihadiri juga oleh perwakilan Wakil Gubernur Bali, dan beberapa Konsulat Kehormatan negara sahabat lainnya seperti United Kingdom, Romania, Jepang, Denmark, South Africa, USA, Brazil, Australia, Finlandia, Norwegia, Korea, Chechnya, dan Timor Leste.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan