Peringati Hari Lahir Pancasila Walikota Blitar Santoso Berangkatkan Kirab Bedhol Pusaka 

Filesatu.co.id, Kota Blitar | Wali Kota Blitar, Santoso, memulai rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar dengan memberangkatkan Kirab Bedhol Pusaka. Kirab dimulai dari Istana Gebang berakhir finis di Kantor Wali Kota Blitar. Acara yang digelar dalam suasana meriah dan penuh semangat ini menjadi tontonan yang selalu dinantikan warga, serta menjadi ikon budaya dan pariwisata Kota Blitar.

Bacaan Lainnya

“Dalam suasana yang penuh kehangatan, tampak hadir sejumlah tokoh penting, antara lain Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS, Kajari Blitar Agus Kurniawan, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Hendra Sukmana, Ketua PN Blitar, perwakilan DPRD Kota Blitar, Danyon 511 Blitar, dan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang juga mantan Wali Kota Blitar, Djarot Syaiful Hidayat.

Dalam sambutannya sebelum memberangkatkan Bedhol Pusaka, Wali Kota Santoso menyampaikan bahwa, pentingnya Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar setiap tahun.

“Menjadi agenda rutin dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila yang diawali dengan Bedol Pusaka dari Istana Gebang, karena Istana Gebang adalah rumah yang pernah ditempati oleh Bung Karno semasa remaja di Kota Blitar,” ungkap Wali Kota Santoso, Jumat malam (31/5/2024).

Kirab Bedhol Pusaka sendiri merupakan salah satu bagian dari rangkaian Grebeg Pancasila. Kirab ini melibatkan lambang negara dan perlengkapan upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Dari ndalem Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar, Bedhol Pusaka dikawal oleh Bregodo (pasukan) Siji, Bregodo Enem, dan Bregodo Patang Puluh Limo, memberikan nuansa kebanggaan tersendiri bagi warga yang turut menyaksikan.

Ket Foto: Walikota Blitar Santoso Didampingi Forkompinda dan Anggota DPR RI Yang Juga Mantan Walikota Blitar Jarot Saiful Hidayat Memberangkatkan Bedol Pusaka Pancasila Dari Halaman Istana Gebang.

Wali Kota Santoso menyampaikan bahwa, latar belakang penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila ini bukanlah tanpa perjuangan, melainkan hasil dari upaya para tokoh masyarakat, tokoh agama, sejarahwan, budayawan, seniman, dan sesepuh Kota Blitar. Setelah disetujui pemerintah dan untuk menghormati jasa-jasa beliau, Pemkot Blitar setiap tahun menggelar rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar.

Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar tidak hanya sebatas Kirab Bedhol Pusaka dari Istana Gebang ke Kantor Wali Kota Blitar. Ada juga acara Macapatan, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Kota Blitar, Grebeg Pancasila dari Alun-alun menuju Makam Bung Karno dengan Kirab Gunungan Limo, ziarah di Makam Bung Karno, dan Kenduri Pancasila di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu, malam ini juga digelar Festival Lentera yang diikuti oleh 35 kelompok, terdiri dari OPD instansi pemerintah dan sekolah, memberikan warna kemeriahan tersendiri dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar tahun ini.

Walikota Santoso berharap bahwa, acara rangkaian peringatan hari lahir Pancasila ini semarak, menjadi cermin kebanggaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila yang mengikat bangsa Indonesia.

“Acara ini tidak hanya menjadi wujud peringatan sejarah, tetapi juga momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkas Wali Kota Blitar Santoso.(Pram/Adv).

Tinggalkan Balasan