Pengalungan Bunga Tandai Pisah Sambut Pangdam di Kodam IX/Udayana

FILESATU.CO.ID, DENPASAR – BALI
Tongkat kepemimpinan Kodam IX/Udayana telah resmi beralih dari Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., kepada Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang sebelumnya telah dilaksanakan secara resmi serah terima jabatan Pangdam IX/Udayana pada (31/1) lalu di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution Lantai III Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Bacaan Lainnya

Pada Rabu (2/2/2022), digelar acara pisah sambut Pangdam IX/Udayana dilaksanakan di lapangan Apel Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1 Denpasar yang dilanjutkan dengan pengantaran Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., guna menyongsong penugasan yang baru sebagai Pangkostrad.

Kegiatan pisah sambut Pangdam IX/Udayana diawali dengan prosesi penyambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang diawali dengan pengalungan bunga oleh Kasdam IX/Udayana dilanjutkan menerima jajar kehormatan dari Regu Jaga Makodam, kemudian disambut oleh penari Hanoman dan melewati prajurit tradisional Bali-Nusra menuju Pataka Kodam IX/Udayana untuk melaksanakan penciuman pataka sebagai tradisi telah resmi menjadi Prajurit Praja Raksaka.

Usai tradisi penerimaan, dilanjutkan dengan acara penyerahan risalah serah terima jabatan. Selanjutnya bertempat di Aula Udayana Kodam IX/Udayana dlaksanakan acara pelepasan dan pengukuhan Ibu Dini Triandari Apriyanto sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena IX/Udayana yang merupakan ibu asuh dari Prajurit Kowad Kodam IX/Udayana.

Baca Lainnya : KASAD : Sertijab Pangkostrad, 13 Pejabat Baru Harus Berani Mengambil Trobosan dan Gebrakan Baru

Kegiatan pisah sambut diawali dengan sambutan mantan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menyampaikan sangat bangga selama bertugas di Kodam IX/Udayana, terutama dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat Bali-Nusra utamanya dalam mengatasi kesulitan air bersih termasuk meningkatkan kesejahteraan anggota Kodam IX/Udayana.

“Saya sangat bangga bertugas di Kodam IX/Udayana dengan tanggung jawab memimpin tiga wilayah (Bali, NTB dan NTT). Prajurit Praja Raksaka Udayana sangat luar biasa dalam bertugas dengan pengabdian serta dedikasi yang tinggi untuk mengharumkan Kodam IX/Udayana,” kata Maruli.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang merupakan abituren Akmil 1992 tersebut juga berpesan kepada seluruh anggota Kodam IX/Udayana, apa yang telah dilakukan dan dikerjakan yang baik untuk masyarakat Bali-Nusra selama ini agar terus ditingkatkan lagi sehingga nama besar Kodam IX/Udayana bisa lebih terdengar, dihargai dan lebih baik lagi dimanapun.

Dari segi manajemen Kodam IX/Udayana sudah mendapatkan penghargaan dan pengakuan yang baik dari instansi terkait. Mayjen TNI Maruli juga sangat meyakini dengan kahadiran Pangdam IX/Udayana yang juga merupakan seniornya serta berkat pengalaman ditempat tugas sebelumnya akan dapat mengevaluasi dan menata kearah yang lebih baik lagi.

“Terimakasih atas segalanya dan mohon dimaafkan apabila ada kata-kata maupun perbuatan dan kekurangan saya dan keluarga selama bertugas dan memimpin Kodam IX/Udayana, serta mohon doa dan restu seluruh anggota Kodam IX/Udayana untuk melaksanakan tugas ditempat yang baru”, tutup Pangkostrad.

 

Baca Lainnya : Jumpa Pers Pangdam IX/ Udayana Terkait Program dan Isu Pindah Tugas

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan dan memperkenalkan dirinya merupakan Abituren Akmil 1990 beserta keluarganya termasuk 3 orang anaknya. Selanjutnya menyampaikan dirinya juga pernah bertugas di Kodam IX/Udayana dengan jabatan Dandeninteldam IX/Udayana pada tahun 2007.

“Saya sangat berterimakasih kepada Pak Maruli dan Istri yang telah membawa Kodam IX/Udayana ini menjadi terkenal, saya juga telah menerima satuan ini dengan baik serta akan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Pak Maruli. Mohon arahan dan bimbingannya selama memimpin Kodam IX/Udayana”, ucap Pangdam.

Kemudian Pangdam juga meminta kepada seluruh prajurit Kodam IX/Udayana untuk memberikan dukungan dan doa restu agar dirinya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. “Saya berharap kita semua dapat bekerjasama dengan baik dalam melanjutkan apa yang telah dikerjakan oleh Pak Maruli untuk kejayaan dan mengharumkan nama Kodam IX/Udayana kedepan”, tutup Pangdam.

Laporan : Benthar



Tinggalkan Balasan