Pembangunan Tempat Sampah Untuk Menjaga Wisata Bersejarah

  • Whatsapp

Filesatu.co.id, Madiun | Dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, Disparpora Kabupaten Madiun belum lama ini telah merampungkan Pembangunan Landasan Kontainer TPS. Lokasi dibangunnya landasan tersebut tidak jauh dari tempat wisata bersejarah di Kabupaten Madiun, yakni Monumen Kresek.

Bacaan Lainnya

Dibangunnya fasum tersebut mengingat minimnya kesadaran masyarakat desa maupun pengunjung wisata dalam membuang sampah. Dampaknya, sungai di sekitar area wisata menjadi sasaran pembuangan sampah sembarangan. Padahal, wisata Monumen Kresek merupakan tempat bersejarah sekaligus _icon_-nya Kabupaten Madiun. Sangat tidak estetik jika tempat bersejarah dikelilingi oleh pemandangan penuh sampah.

Pembangunan landasan kontainer sampah ini merupakan langkah awal dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan adanya fasum tersebut, sungai disekitar lokasi wisata kedepan juga terselamatkan dan terjaga kebersihannya.

Sementara itu, Anang Sulistijono,S. Sos, M. Si selaku Kepala Disparpora Kabupaten Madiun mengatakan bahwa wisata Monumen Kresek merupakan salah satu _icon_ Madiun yang harus dijaga bersama. Terlebih, monumen tersebut sangat kental dengan sejarah, tak layak jika masih banyak masyarakat yang masih sembarangan membuang sampah.

“Monumen Kresek merupakan wisata bersejarah, _icon_ Kabupaten Madiun, kita lengkapi dengan _grand design_, salah satunya pembangunan landasan TPS,” kata Anang kepada awak media, Selasa (5/10/2021).

Masih menurut Anang, dengan adanya TPS tersebut, perlahan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai melainkan pada tempat yang sudah disediakan.

“Perlahan, untuk menciptakan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di TPS, bukan di sungai sekitar wisata,” imbuhnya.

Anang berharap seluruh elemen baik itu masyarakat hingga pejabat dapat bersinergi, turut serta dalam menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan di area Monumen Kresek Madiun, sehingga kedepan tak ada lagi masalah sampah di area wisata bersejarah.(Anwar/F1)

 



Tinggalkan Balasan