Pangdam Selaku Dansatgas Pamwil, Dampingi Panglima TNI Tinjau Kesiapan Venue KTT AIS

Filesatu.co.id,  Badung – Bali | Setelah kemarin melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG), hari ini (Senin, 9 Oktober 2023) Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan (Dansatgas Pamwil) meninjau kesiapan venue (tempat) KTT AIS Forum 2023 di Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Saat berada di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang merupakan lokasi utama digelarnya KTT AIS, peninjauan Panglima TNI dan Kapolri tersebut diawali dengan pemaparan oleh Paspampres tentang denah lokasi BNDCC, serta kesiapan Tim Eskot saat evakuasi apabila terdapat gangguan keamanan kepada para Kepala Negara maupun delegasinya saat mengikuti kegiatan KTT AIS Forum 2023.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan simulasi penyambutan Tamu VVIP/Kepala Negara yang akan disambut oleh Presiden RI mulai dari depan pintu masuk utama BNDCC hingga di Gedung Nusa Dua Hall dan dilanjutkan dengan pengecekan ruangan Main event KTT AIS, Media Center, tempat lunch (makan siang), ruangan bilateral dan Press Conference.

Guna meyakinkan kembali keamanan para tamu kenegaraan saat terjadi gangguan keamanan, dilakukan juga simulasi Escort saat melakukan evakuasi terhadap para peserta KTT AIS saat terjadi gangguan keamanan, baik dari ancaman teror maupun bencana alam.

Sementara itu, saat melaksanakan peninjauan di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin Resort Nusa Dua yang merupakan lokasi Gala Dinner KTT AIS, rombongan disambut oleh pihak manajemen Hotel dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Letkol Pas Edi Gunawan terkait pengamanan di venue Gala Dinner BICC, serta Ring II dan Ring III, termasuk rute kedatangannya.

Selain meninjau venue lokasi digelarnya KTT AIS, Panglima TNI dan Kapolri juga mengecek Command Center dan beberapa Posko TNI-Polri serta Posko Bais TNI. Sejauh ini, persiapan pengamanan KTT AIS Forum 2023 yang akan digelar pada 10 sampai dengan 11 Oktober mendatang diyakinkan telah matang. Di bawah komando Pangdam IX/Udayana, seluruh personel Satgas Pamwil juga telah mulai berperan dan menempati kedudukannya masing-masing.

Tampak hadir dalam peninjauan tersebut diantaranya Kapolri, Pangkogabwilhan II, Kabaharkam Polri, Kapolda Bali, Deputi III BIN, Para Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri, serta perwakilan dari Kementerian Marves RI dan ITDC.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan