Menikmati Surga Durian di Kota Industri Karawang

Filesatu.co.id – KARAWANG | BUAH durian menjadi salah satu kuliner yang bisa kita nikmati jika berkunjung ke wilayah Karawang Selatan. Di sana terdapat buah durian istimewa, yakni durian loji yang tumbuh di kawasan wisata Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang.

Seperti yang disampaikan Irfan Sahab yang juga Ketua Koordinator Wilayah Forum Wartawan Jaya Indonesia (FWJI) saat bersama rombongannya melepas kepenatan dengan makan durian bersama di Kampung Nambo, Desa Kertasari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang bahwa, salah satu keistimewaan durian loji yakni rasanya yang khas.

Bacaan Lainnya

“Kalau di sini bedanya itu, jadi duriannya tiis (sejuk) tapi tetap manis. Jadi orang udah mengenal kenikmatan durian loji karena itu,” kata Irfan

Selain menikamati durian lokal,  Ketua FWJ Indonesia juga mendiskusikan beberapa komoditi lokal yang dapat diperkenalkan pada masyarakat sekitar, termasuk Kabupaten Karawang, Bekasi, Purwakarta, dan daerah lainnya.

“Kegiatan tur tersebut merupakan langkah awal untuk memperkenalkan durian asli Pangkalan, yang tidak kalah lezat dan manisnya dibandingkan durian dari daerah lain di Jawa Barat dan Sumatera,” ujarnya

Irfan juga menyoroti potensi lokal di Pangkalan, dan berharap Pemerintah Kabupaten Karawang memberikan dukungan lebih besar kepada para petani dan pedagang durian. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian secara merata dan mendukung kesejahteraan warga Pangkalan dan sekitarnya.

Di sisi lain, pedagang durian, Kasat Kaday, mengungkapkan bahwa durian di Kecamatan Tegalwaru menarik perhatian masyarakat di wilayah Kota Karawang dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, durian di sini sangat laku pesat. Siang sedikit durian sudah habis, apalagi kalau musim liburan,” ujar Kaday.

Kaday juga menyampaikan bahwa saat ini sedang panen raya durian di wilayah Kecamatan Tegalwaru, dan diperkirakan musim ini akan berlanjut hingga bulan Ramadhan.

“Saat ini durian lagi banjir, jadi kadang kalau ada rekan atau teman yang ingin membeli durian, lebih baik tidak terlalu sore, karena bisa kehabisan,” tambah Kaday. ***

Tinggalkan Balasan