Mengais Rupiah Dari Belalang Jati

FILESATU.CO.ID, BANYUWANGI | Musim belalang jati menjadi berkah tersendiri bagi penduduk kawasan tepi hutan. Mereka manfaatkan hewan ini untuk mendongkrak perekonomian di masa sulit ini.

Bacaan Lainnya

Hal ini seperti yang di ungkapkan oleh Tumiran, warga Dusun Turian kecamatan Purwoharjo. Dengan berbekal lampu senter Joko mengaku menempuh jarak sekitar 15 km untuk mencari belalang.

“Kalau carinya ya di sekitar Gumuk Sapi dan Gumuk Gentong, di sekitar kawasan Pantai Grajagan,” ucapnya. Selasa (28/12/2021).

Tumiran mengaku dalam semalam dia bisa mendapatkan 1000 ekor belalang, bahkan lebih. Belalang belalang tersebut kemudian dibersihkan bulu bulunya kemudian ditusuk dengan lidi terus di jual. “Satu tusuk ini berisi 25 ekor belalang, jadi kalau serangkai tusukan itu isinya 100 biji,” terangnya.

Dalam sehari Tumiran kadang mampu meraup keuntungan sekitar Rp 30.000 rupiah dari hasil menjual 1000 ekor belalang “Kalau laku semua ya bisa buat nambah uang belanja, tapi yang namanya jualan, kadang laku kadang tidak, dinikmati saja,” jelasnya.

Untuk menjajakan belalang hasil pencariannya Tumiran beserta Joko dan pencari belalang lainya memanfaatkan bahu jalan sepanjang Curah Bacok arah Jatirejo. (Yoyok F1).



Tinggalkan Balasan