Kesbangpol Karawang Ajak Peran Media Jaga Kondusifitas Masyarakat Jelang Pemilu 2024

Filesatu.co.id – KARAWANG | KESATUAN Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karawang mengajak para awak media untuk menjaga kondusifitas masyarakat menjelang Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Karawang Sujana Ruswana saat membuka Seminar Insan Pers Nusantara (INPERA) di Aula Husni Hamid, Kamis (7/12/2023).

Ia juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan penting kepada para awak media tentang pentingnya komunikasi yang baik dalam menginformasikan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Tantangan pelaksanaan pemilu seperti politik identitas, ujaran kebencian, money politic, maupun netralitas ASN/TNI/Polri, harus diantisipasi secara tepat untuk menghindari benturan dan terjadinya konflik di tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, perwujudan pemilu di Kabupaten Karawang ini dapat diinterpretasikan sebagai hubungan kekerabatan yang dibingkai oleh rasa saling menghargai. Selain itu, harus saling menjaga dan menahan diri dalam perbedaan pendapat, serta diharapkan mampu merekat persatuan dan kesatuan.

“Perbedaan pendapat dan pilihan adalah hal biasa dalam berdemokrasi. Namun, meski berbeda pilihan, seluruh masyarakat hendaknya tetap berada dalam bingkai persatuan dan kesatuan yang kokoh,”

Ia mengharapkan, peran awak media bisa menjadi penyatu segala elemen dalam bingkai keharmonisan demokrasi. Sama halnya dengan INPERA yang mampu menyatukan seluruh pewarta dalam kegiatan seminar dengan tajuk ‘Peran Media Dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024’. ***

Tinggalkan Balasan