Karnaval Budaya Desa Tutul 2023 Sukses Memikat Ribuan Penonton

Filesatu.co.id, Jember | Parade Kirab budaya Desa Tutul Karnaval 2023 yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tutul dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, sukses pikat ribuan penonton. Karnaval yang diselenggarakan di sepanjang jalan raya Tutul, Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, minggu (10/09/2023).

Sekdes Tutul Zainul Arifin saat ditemui filesatu mengatakan, tersebut menampilkan berbagai seni budaya adat Nusantara. Tutul Karnaval 2023 kali ini diikuti oleh 24 Devile dari lembaga pendidikan dan peserta umum dan masyarakat desa di luar desa Tutul.

Bacaan Lainnya

Terlihat para peserta karnaval yang memakai pakaian adat Nusantara tersebut menampilkan berbagai tarian tradisional yang sesuai dengan tema”Melestarikan Budaya Nasional”.

“Tanpa dukungan dari semua pihak, khususnya muspika, bapak ibu dan seluruh warga masyarakat Desa Tutul, mungkin acara ini tidak terlaksana dengan maksimal, kami sangat berterima kasih pada seluruh masyarakat desa Tutul.” ungkapnya.

“Saya selaku atas nama Pemerintah Desa Tutul mengucapkan Terimakasih pada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensuksekan karnaval Budaya di Desa tutul ini.

Saya menghimbau kepada semua penonton untuk bisa menjaga keamanan agar acara karnaval berjalan dengan lancar. Tak lupa saya berterimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang telah membantu kelancaran acara ini.” harap Sekdes.

Zainul Arifin juga menambahkan, semoga dengan adanya Tutul Karnaval yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ini, bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Semoga kedepan, bisa membuat lebih banyak generasi muda yang mencintai budaya Indonesia dan menguatkan rasa nasionalisme dan patriotisme khususnya untuk masyarakat Tutul.” ungkap Zainul.

Meskipun kirab parade budaya Tutul digelar dengan kesederhanaan, namun terlihat acara karnaval berjalan dengan lancar, berbagai kesenian dan kebudayaan daerah ditampilkan oleh para peserta, mulai dari budaya Jawa, Madura, Dayak Kalimantan, serta Bali, dan kami berharap kedepan bisa terlaksana lebih besar dan sukses.” pungkasnya. (Togas).

Tinggalkan Balasan