Kapendam IX/Udayana Pimpin Serah Terima Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya di Lapangan Desa Panji

Filesatu.co.id,   Buleleng – Bali | Dalam rangka memperingati Hari Juang Infanteri ke-75 Tahun 2023, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape VI dan VII di Lapangan Umum Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Senin 18 Desember 2023 pukul 00.45 WITA dini hari.

Serah Terima Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape VI yakni dari Batalyon Infanteri 900/SBW kepada Batalyon Infanteri 742/SWY yang akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng dengan menempuh jarak perjalanan sepanjang 35 Km.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kapendam IX/Udayana selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Tradisi yang setiap tahun dilaksanakan oleh prajurit Infanteri dengan tujuan untuk memupuk jiwa korsa dan semangat juang serta menebalkan jiwa pengendalian satuan Infanteri terhadap Nusa dan Bangsa melalui penghayatan tradisi sebagai pasukan Infanteri dan Integrasi antara kesatuan Infanteri dengan Rakyat.

“Tidak dapat kita pungkiri bahwa peristiwa napak tilas perjalanan Jenderal Soedirman adalah hari yang penuh kemenangan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita setiap prajurit Infanteri benar-benar menghayati makna Napak Tilas tersebut dan nilai Heroik yang terkandung didalamnya,” ujar Kapendam.

Dengan adanya peringatan Hari Infanteri, Kapendam mengharapkan seluruh peserta Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya akan selalu terkenang dengan latar belakang perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman serta mengambil hikmah yang terdalam dan terkandung keteladanannya.

“Dalam perjalanan kegiatan Peleton Beranting kali ini, saya mengharapkan kepada seluruh prajurit yang mengikuti kegiatan ini agar melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Dengan demikian, kebanggaan sebagai prajurit Infanteri dapat diukur dalam menghadapi tatangan dan panggilan tugas yang lebih baik dimasa yang akan datang,” demikian harap Kapendam.

Untuk diketahui, kegiatan Napak Tilas Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya ini dilaksanakan dengan berjalan kaki selama empat hari dari tanggal 16 sampai dengan 19 Desember 2023 dengan melintasi empat Kabupaten yaitu dimulai dari Lapangan Umum Mengwi Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng dan finish terakhir di TMPB Margarana Kabupaten Tabanan.

Turut hadir dalam Upacara Serah Terima tersebut diantaranya Kabaglat Rindam IX/Udayana, Kabagjianbang Rindam IX/Udayana, Dandim 1609/Buleleng, Tim Pengawas, Wadanyon Yonif 900/SBW, Perwira Staf Kodim 1609/Buleleng, Danramil 1609-05/Sukasada, Kapolsek Sukasada, Perbekel Desa Panji beserta Staf, serta undangan lainnya.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan