Imam Musthofa ,canangkan pembuatan buku sejarah desa Balung Lor

Imam Musthofa ,canangkan pembuatan buku sejarah desa Balung Lor

Filesatu.co.id.Jember |Salah satu warga desa Balung Lor kecamatan Balung kabupaten Jember diketahui berumur 135 tahun sejak adanya Ratu Wilhelmina di zaman Belanda- India, meski berusia 135 tahun nenek yang bernama Rasipah masih terlihat sehat.

Bacaan Lainnya

Mengetahui warga yang umumnya ratusan tahun, kepala desa Balung Lor kecamatan Balung mendatangi Nenek Rasipah yang  tinggalnya di jalan Madura Timur. dusun Karang Anyar. Jumat (11/02/2022).

Melihat kondisi fisik nenek Rasipah memeng  sudah keriput, namun meski usianya sekitar 135 tahun dirinya masih terlihat kuat dan sehat.

Di momen itu, Nenek Rasipah menceritakan kepada Imam Musthofa  kepala desa bahwa disaat Ratu Wilhelmina zaman Belanda India dirinya sudah ada dan sudah menikah.

Dan nenek Rasipah juga menceritakan tragedi saat zaman Belanda dan Jepang saat masuk di Indonesia,

Selain itu, keingatan nenek Rasipah terkait  infrastruktur dan bangunan dimasa saat itu adanya jembatan balung dan juga jalan raya ambulu Balung serta bangunan Pemerintah pada saat itu masih ingat semua.

Uniknya nenek Rasipah ini meski usianya sekitar 135 tahun daya penglihatan, pendengaran dan peringatannya masih tajam seperti dirinya saat ini masih hafal dengan lagu kemerdekaan dimasa jepang yang beliau nyanyikan.

Kepala desa Balung Lor Imam Musthofa menjelaskan bahwa keberadaan nenek Rasipah berusia 135 tahun ini adalah kunci saksi sejarah di Desa Balung Lor ,dan dirinya berencana Akan segera membuat buku sejarah keberadaan desa Balung Lor dan secepatnyab membuat pertemuan dengan beberapa tokoh Masyarakat dan Muspika kecamatan Balung.

*Segera kita komunikasi dengan beberapa tokoh untuk agenda pertemuan,” pungkasnya. (Tog)

 



Tinggalkan Balasan