Hindari Penggunaan Styrofoam, Berbahaya Bagi Kesehatan

Filesatu.co.id  | Styrofoam sudah jadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia. Styrofoam kerap digunakan sebagai pembungkus jajanan, wadah pesan makanan agar tahan lama, hingga salah satu item hiasan dalam karangan bunga.

Baca Lainnya : Daun Jeruk dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sadar atau tidak, masyarakat sudah hampir ketergantungan dengan styrofoam. Padahal, penggunaan styrofoam ini cukup berbahaya, baik buat lingkungan dan juga kesehatan.

Bukan hanya berhubungan dengan lingkungan, karena termasuk sampah abadi yang sulit terurai. Tapi juga dampak buruknya untuk kesehatan.

Kaitannya dengan konteks kesehatan, memang styrofoam ini ada dan cukup berbahaya dampaknya untuk kesehatan,” kata pejabat fungsional Ahli Madya Direktorat Pengurangan Sampah Ditjen PSLB3-KLHK, Asep Setiawan dalam konferensi pers yang digelar di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Styrofoam atau kata Asep dikenal juga dengan sebutan polystyrene mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan zat yang ada di styrofoam ini bisa memicu penyakit bahaya, salah satunya kanker.

Asep menyebut, jika styrofoam digunakan sebagai alas makan, dan makanan cukup panas maka zat-zat bahaya akan aktif dan ikut termakan. Sementara styrofoam yang mencemari lingkungan, dan termakan oleh ikan juga sama berbahayanya untuk manusia.



Tinggalkan Balasan