Gelar Wisuda Gelombang IV Tahun 2023-2024, Rektor Unsika Paparkan Pencapaian dan Program Kerja 2024

Unsika Karawang Gelar Wisuda Gelombang IV Tahun 2023-2024
Unsika Karawang Gelar Wisuda Gelombang IV Tahun 2023-2024

Filesatu.co.id, KARAWANG | UNIVERSITAS Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menyelenggarakan Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2023/2024 pada Tanggal 9 Juli 2024 prosesi Wisuda dilaksanakan dalam satu sesi, bertempat di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang bagi para lulusan jenjang Sarjana dan Magister.

Sebanyak 296 orang dinyatakan lulus dengan rincian 276  Iulusan jenjang Sarjana meliputi Program Studi Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan  Masyarakat, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Agama Islam,  Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik  Kimia, Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan  Internasional, Ilmu Keolahragaan. dan 20 lulusan jenjang Magister meliputi Program Studi  Manajemen, Pendidikan Jasmani

Bacaan Lainnya

Sementara Agus Sardjono, M.M. dari Program Studi S2 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis berhasil menjadi Wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00. Selain itu, sebanyak 10 Mahasiswa dari masing-masing Fakultas juga meraih predikat pujian, diantaranya Nabilla Puteri Angelina, S.M. Dara Sekar Maharani, S.P. Ismail Adhiya Adha, S.Kom. Muhammad Badry Muntasyir, S.Hub.Int. Kusuma Dewi Supandi, S.H. Angga Teja Permana, M.Pd. Rizka Novianti, S.Pd. Fahira Mutia Kirana, S.Pd. Krisna Apriansyah K, S.T. Nur Azizah, S.Or. Adapun yang menjadi kriteria Wisudawan terbaik dilihat dari masa studi tepat waktu dan/atau IPK tertinggi.

Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc. selaku Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang dalam sambutannya selalin mengucapkan selamat kepada para wisudawan juga menyampaikan bahwa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang semakin diminati di Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur seleksi, dengan total daya tampung mencapai 4590 peserta.

“Hingga saat ini, sebanyak 1633 calon mahasiswa baru telah melakukan registrasi, mencakup tidak hanya dari Kabupaten Karawang, tetapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Ditambahknanya, UNSIKA saat ini memiliki sekitar 13,636 mahasiswa aktif yang tersebar di berbagai program studi D3, S1, S2, dan Profesi. Terdiri dari 9 fakultas dengan 40 program studi, universitas ini terus meningkatkan kualitas akademiknya.

“Jumlah dosen dengan kualifikasi doktor semakin bertambah, termasuk lulusan S3 dari luar negeri seperti Taiwan dan Amerika Serikat, serta dari dalam negeri seperti UPI, ITB, UI, dan IPB. Selain itu, jumlah dosen bergelar Profesor kini mencapai 5 orang, dan program percepatan untuk meningkatkan jumlah dosen bergelar Profesor terus diupayakan,” tambahnya.

Dari sisi kualitas sambungnya, 16 program studi UNSIKA telah terakreditasi dengan peringkat “Baik” dan 24 program studi dengan peringkat “Baik Sekali”. Pada tahun 2024, sebanyak 19 program studi dalam rumpun sosial dan humaniora sedang mempersiapkan diri untuk diajukan akreditasi internasional, seiring dengan peningkatan sarana dan prasarana, kuantitas dan kualitas dosen, serta pemantapan tata kelola kampus.

Kampus 1 UNSIKA melakukan penataan dan perawatan gedung, termasuk renovasi gedung aula yang diberi nama “Syekh Quro” untuk menghormati tokoh sentral dalam proses Islamisasi Karawang dan Jawa Barat. Penambahan media informasi visual (Videotron) juga diimplementasikan untuk memudahkan akses informasi bagi mahasiswa, staf pengajar, dan pengunjung kampus.

“Pengembangan Kampus II yang dimulai sejak tahun 2021 terus berlanjut dengan rencana pembangunan Gedung Serbaguna, Gedung Student Center, serta masjid pada tahun 2024,” ujar Prof. Dr. Ade Maman

Selain itu, UNSIKA juga membuka donasi bagi orang tua/wali wisudawan untuk pembangunan masjid tersebut. Pengembangan sistem informasi untuk meningkatkan tata kelola akademik dan keuangan menjadi salah satu fokus utama.

Sementara itu, kerjasama dalam dan luar negeri menjadi salah satu strategi UNSIKA untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama dalam negeri meliputi kolaborasi dengan industri sekitar Karawang dan Bekasi, perguruan tinggi besar seperti UL, ITB, UGM, UNNES, serta lembaga pemerintah. Kerjasama luar negeri mencakup 13 universitas di ASEAN (Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam), 9 universitas di Asia (Tiongkok, Taiwan, dan Korea Selatan), dan 1 universitas di Brasil.

Rektor UNSIKA, Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc., dalam arahannya kepada para wisudawan, menyampaikan tujuh kunci penting dalam menjalani kehidupan: bertaqwa, birrul walidain, banyak doa, bersedekah, memperluas ilmu, disiplin, dan menikmati proses.

Rektor juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Ketua dan anggota Senat Akademik, para Profesor dan dosen, seluruh tenaga kependidikan, serta para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan.

“Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada panitia pelaksana wisuda yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini. Dengan berbagai pencapaian dan program kerja yang telah direncanakan, UNSIKA terus berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing tinggi,” pungkasnya. ***

 

Tinggalkan Balasan