Galakkan Konservasi Ikan, Dinas Pengairan Dukung Pokmaswas dan Dinas Perikanan Kembali Adakan Tebar Benih Ikan

  • Whatsapp

FILESATU.CO.ID, BANYUWANGI – Guna menjaga kelestarian habitat ikan terutama yang ada di aliran sungai, dinas PU Pengairan dan Dinas Perikanan genjot program tebar benih.

Setelah minggu lalu Dinas PU Pengairan bersama Dinas Perikanan mengadakan kegiatan serupa di aliran sungai kawasan Korsda Bangorejo, tepatnya di kawasan konservasi Dam Sere, kini giliran Dinas Perikanan bersama elemen masyarakat terkait mengadakan tebar benih ikan di kawasan Krosda Pesanggaran. Rabu (24/11/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara ini Kapolsek Bangorejo, Camat Bangorejo, Korsda Pesanggaran, Kepala Desa Ringintelu, beberapa anggota Dinas Pengairan, anggota Dinas Perikanan serta warga setempat.

Acara tebar benih ikan ini dimaksud untuk membuat kawasan konservasi ikan yang diharapkan dapat membantu dan mencegah kepunahan habitat ikan air tawar. Sedangkan benih ikan tawes dan tombro dipilih karena jenis ikan air tawar ini yang mudah beradaptasi dan tergolong ikan yang cepat pertumbuhannya.

Dalam kesempatan tersebut, di tebar benih ikan sebanyak 30.000 ekor, jenis tawes dan tombro. Benih tersebut di tabur mulai dari Dam Pedotan terus sampai dam Koperan.

Dikomfimasi media ini, Dinas PU Pengairan Banyuwangi melalui Korsda Pesanggran Sugiono menyampaikan bahwa  kegiatan tersebut dari Pokmaswas yang didampaingi Dinas Perikanan, adapun Dinas pengairan sebagi pendukung yang mempunyai fasilitas sungai agar bisa membentuk sumber daya air.

” Jadi kami sangat mendukung, agar sungai juga bisa terpelihara  ekosistem ikannya, dan juga bisa meningkatkan sumberdaya masyarakat umum agar tidak membuang sampah dan merusak aliran sungai yang bisa mengakibatkan kerugian petani, intinya seperti itu mas,” kata Sugoyiono.

Senada dikatakan Panut warga sekitar , mereka berharap dengan adanya tabur benih ika tersebut juga bisa dimanfaatkan warga.

“Harapan saya nanti setelah berkembang biak dan bertambah besar bisa di panen oleh masyarakat, dsn ysng psling penting kit bisa saling menjaga” ucap Panut, salah seorang warga yang hadir dalam acara tersebut. (Yoyok/F1).



Tinggalkan Balasan