Cara Sehat Puasa Untuk Bunda Yang Sedang Menyusui

Filesatu.co.id, Banyuwangi |Bulan Ramadhan bisa menjadi dilema tersendiri untuk ibu yang memiliki bayi, bukanya tanpa alasan, mereka ingin berpuasa dengan lancar, di sisi lain mereka juga perlu menyusui.

Bacaan Lainnya

Kekhawatiran biasanya muncul karena saat melakukan puasa, para ibu menyusui khawatir jika kebutuhan ASI untuk bayi tidak tercukupi lantaran tidak adanya asupan yang masuk tubuh. Rabu (06/04/2022).

Nah, untuk menjawab kekhawatiran para bunda tersebut, berikut ada tips tips yang dapat dilakukan agar puasa lancar, menyusui pun tanpa hambatan.
Cara sehat puasa Ramadhan untuk ibu menyusui:

 

1 Penuhi nutrisi harian.
Nutrisi harian ibu menyusui selama berpuasa harus slalu terpenuhi ,hal ini berarti wajib mengkonsumsi menu sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.
Karbohidrat, protein dan lemak memiliki pesan penting karena merupakan komponen dari ASI, sedang sayur dan buah wajib di konsumsi karena mengandung vitamin dan mineral.

2 penuhi kebutuhan cairan.
Kecukupan cairan dalam tubuh penting untuk produksi ASI. Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Saat berbuka puasa hingga sahur, usahakan untuk konsumsi air putih sebanyak 6 gelas perhari, dengan pembagian dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas di malam hari sebelum tidur.

3 cukup istirahat. Saat berpuasa, ibu menyusui perlu istirahat dengan cukup, saat bayi tertidur, sebaiknya ikut tidur juga agar tidak terasa berat saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Demikian tips Ramadhan bagi para bunda, semoga bermanfaat agar para bunda yang sedang menyusui juga bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. (Yoyok F1)



Tinggalkan Balasan