96 Prajurit Bintara Yang Baru Dilantik, Pangdam Mengharapkan Jadilah Prajurit Yang PRIMA

Filesatu.co.id,  Tabanan – Bali | Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., memimpin upacara Penutupan Program Studi Pendidikan Pertama Bintara TNI Angkatan Darat TA 2023 di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Senin (29/1/2024).

Sebanyak 96 orang siswa dilantik pada upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara yang ditandai dengan penanggalan tanda siswa dan penyematan tanda pangkat Sersan Dua TNI AD, Penerimaan Piagam serta Pengambilan Sumpah sesuai agama masing-masing terhadap perwakilan siswa. Para Prajurit tersebut nantinya masih harus menjalani pendidikan kecabangan di masing-masing kejuruannya.

Bacaan Lainnya

Ada hal yang unik dalam upacara pelantikan tersebut dimana siswa yang berhasil meraih prestasi tampil didampingi orang tuanya masing-masing untuk menerima penghargaan. Adapun siswa tersebut diantaranya: pertama, Sersan Dua Nathaniel Malfin Ariesta Lasi merupakan siswa yang memperoleh nilai Indek Prestasi Kumulatif Akhir tertinggi dari Aspek pengetahuan dan keterampilan, kedua, Sersan Dua I Made Dwi Dipra Adnyana mendapat nilai tertinggi dari Aspek Sikap dan Perilaku serta ketiga, Sersan Dua Rangga Wahyu Pratama memperoleh nilai Tertinggi Aspek bidang Jasmani Militer.

Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada seluruh siswa karena telah melaksanakan pendidikan pertama dan dilantik menjadi Prajurit TNI AD aktif dengan pangkat Sersan Dua serta menjadi langkah awal bagi perjalanan karier sebagai Prajurit TNI AD.

Dengan telah dilantiknya menjadi seorang Bintara, berarti kalian harus meninggalkan kehidupan sebagai warga negara sipil biasa dan memasuki kehidupan militer. “Peralihan ini bukanlah sekedar perubahan fisik maupun mental, tetapi harus diikuti dengan perubahan sikap dan perilaku sebagai seorang prajurit yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif)”, ujar Pangdam.

Pangdam juga menegaskan kepada seluruh prajurit agar selalu menjaga disiplin, loyalitas dan semangat untuk tetap belajar serta berlatih secara optimal untuk menghadapi pendidikan lanjutan dengan materi yang lebih kompleks.

Mengakhiri amanatnya Pangdam menekankan bahwa Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. TNI harus netral, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk.

Upacara Penutupan Program Studi Pendidikan Pertama Bintara TNI Angkatan Darat TA 2023 berjalan dengan lancar dan dilanjutkan dengan kegiatan demonstrasi Bongkar Pasang Senjata, Kolone Senapan, Senam Barbel dan Sparco serta Bela Diri Militer (BDM) dan diakhiri dengan foto bersama Pangdam IX/Udayana, PJU Kodam IX/Udayana serta seluruh Prajurit yang baru dilantik menjadi Sersan Dua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalak Satuan Kodam IX/Udy, Kapolres Tabanan, Kasatpol PP Kabupaten Tabanan, Kasubag BIN Kajari Kabupaten Tabanan, serta undangan lainnya.

 

Laporan  : Benthar

Tinggalkan Balasan